Lampung Tengah Lawan Covid 19

Anggota Baru BPK Segera Pilih Ketua dan Bagi-bagi Tugas

Editor: Admin author photo

Canang. id, Jakarta -- Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk periode 2019-2024 telah resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Selanjutnya, kelima anggota baru akan rapat dalam beberapa hari ke depan untuk menentukan peran dan jabatan masing-masing. Salah satu Anggota BPK, Harry Azhar Aziz, mengatakan bahwa skema pemilihan Ketua BPK baru nantinya akan melalui beberapa opsi. Opsi pertama yaitu dengan musyawarah.

"Kita akan segera melakukan rapat, mungkin hari Jumat, nanti Senin kita menentukan siapa akan memegang apa," katanya saat ditemui Media Kumparan di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Harry menambahkan, Ketua BPK juga dapat dapat dipilih melalui voting apabila musyawarah tak mencapai titik temu. "Kalau menurut mekanismenya musyawarah, tapi kalau tidak bisa musyawarah maka voting dan siapa yang mendapat suara terbanyak dia yang terpilih menjadi ketua dan portofolio masing-masing," imbuhnya.

Harry mengungkapkan bahwa persiapan untuk visi, misi dan strategi BPK periode 2019-2024 sudah dalam tahap finalisasi. Ia menekankan bahwa yang paling penting ke depan BPK harus mampu menjadi lembaga pengelola keuangan negara yang lebih baik.

"Yang intinya adalah BPK harus bisa bermanfaat dan berkualitas, bermanfaat hasil pemeriksaannya bagi kehidupan bernegara," sambungnya.

Sementara itu Anggota BPK lainnya, Pius Lustrilanang, berharap ke depan dapat lebih memaksimalkan peran BPK sebagai lembaga pengelola keuangan negara secara adil.

"Kami sebagai pimpinan siap menerima masukan, siap bekerja sama dan jangan ragu-ragu lah semua. Kita ini satu keluarga besar, kalau ada yang meleset-meleset silakan dikasih tahu, saya siap belajar, saya siap menerima masukan dari banyak staf. Yang jelas organisasi itu harus tampil setiap hari harus semakin baik. Selamat bekerja untuk semua," imbuhnya.

Kelima Anggota BPK yang baru dilantik adalah Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Achsanul Qosasi, dan Harry Azhar Azis. Mereka sebelumnya ditetapkan sebagai calon anggota BPK setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan, kemudian dilanjutkan dengan proses voting atau pemilihan (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini