Lampung Tengah Lawan Covid 19

Festival Teluk Ambon 2019: Hampir Rampung Untuk Promosi Wisata Maluku

Editor: Admin author photo
Dok : GenePI Maluku
Canang.id -- Maluku. Kepulauan Maluku menjadi salah satu provinsi di Indonesia, yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya, maupun alam bahari yang indah. Tak heran jika Maluku merupakan salah satu surga di timur Indonesia.

Untuk memperkenalkannya, Pemerintah Provinsi Maluku mengadakan Festival Teluk Ambon (FTA) pada setiap tahunnya dan Jembatan Merah Putih menjadi icon destinasi. Dinas pariwisata Provinsi Maluku sebagai penyelenggara kegiatan tersebut, akan menggabungkan wisata budaya dan bahari, yang dikemasi secara menarik.Festival Teluk Ambon tahun 2019 telah memasuki tahun ke-14, bahkan sudah masuk dalam 100 kalender event pariwisata Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Promosi Dinas Provinsi Maluku, Marisca L.N  Kakiailatu, kepada Lentera Maluku (5/8). Ia mengatakan event yang diselenggarakan pada 18 - 20 Agustus 2019 nanti,  mengusung tema FTA Exomocca (Exotic Milenial Molucca).
Menurutnya segala persiapan menjelang event sudah hampir rampung dengan beberapa kegiatan pra event, yang direncanakan akan dimulai pada tanggal 13 Agustus 2019 dengan diadakannya Workshop Desain Tenun Maluku. Tanggal 14 Agustus 2019, diadakan  Lomba Fashion Show Modifikasi Tenun Maluku Kreatif dan tanggal 15 Agustus 2019 akan ada Beach Clean Up.

"Sejauh ini antusias masyarakat sangat positif dan terus menggali informasi kegiatan sampai pada akhir puncak kegiatan Lomba Manggurebe Arumbai (Perahu perang jaman dulu)", ungkap Marisca.
Kata dia, pada Festival Teluk Ambon tahun ini, akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena akan lebih banyak mengangkat sisi sejarah dari Provinsi Maluku. Dan masih banyak lagi seperti atraksi seni budaya pada tanggal 19 Agustus 2019.

Sebagai bentuk meningkatkan kesadaran wisata di Maluku, Pihak DISPAR Provinsi Maluku juga menggandeng Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Maluku, komunitas ini memang di bentuk oleh Kementerian Pariwisata sebagai laskar digital di dunia pariwisata Indonesia.

"Ia tahun ini lebih di focuskan untuk "care aboud ambon bay" dengan melibatkan masyarakat millenial dan komunitas yg cinta akan teluk ambon mengajak seluruh masyarakar peduli dgn teluk", tandasnya.

DISPAR  berkomitmen dengan GenPi Maluku sebagai media partner, untuk mempromosikan Festival Teluk Ambon 2019. Sejauh ini sejumlah promosi dilakukan lewat media sosial, mulai dari pengenalan FTA sampai kepada destinasi wisata yang ada di kota Ambon, sehingga cukup menarik perhatian masyarakat domestik maupun mancanegara.

Kegiatan yang dipusatkan di Kota Ambon ini, mudah di akses oleh wisatawan, karena memiliki Pelabuhan Yos Sudarso dan Bandara Internasional Pattimura yang dapat di akses dari sejumlah kota lain di Indonesia. Harapan baik juga diingatkan untuk masyarakat kota Ambon, agar tetap menjaga, serta melestarikan warisan budaya dan bahari untuk menduniakan Maluku.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini